Beranda > Linux dan Opensource, Programming, Python > Pengenalan Open ERP

Pengenalan Open ERP


Mungkin masih banyak yang belum mengenal OpenERP, suatu aplikasi ERP terintegrasi yang berlisensikan GPL v3.0, AGPL 3.0 untuk OpenERP server, addons dan OpenERP Desktop Client (GTK) dan OpenERP web client berlisensikan OpenERP public license berbasis Mozilla Public License v1.1. Sebelumnya, kita harus mengetahui dulu apa itu ERP. ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan khususnya manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Banyak perusahaan mulai skala kecil, menengah sampai perusahaan besar menggunakan ERP untuk menangani proses-proses yang ada di perusahaannya. Vendor ERP yang besar seperti SAP, Microsoft dan Oracle mengimplementasikan produknya di banyak perusahaan. ERP dari vendor-vendor tersebut diklaim karena kemudahan dan fleksibel yang disukai oleh pengguna, sehingga banyak perusahaan besar yang menggunakannya. Akan tetapi jika dilihat lebih ke detail, maka ERP tersebut harganya sangat mahal dan tidak disertakan source codenya. Dan pastinya tidak sesuai untuk perusahaan atau unit usaha kecil yang memiliki dana terbatas.

Di Indonesia, banyak perusahaan yang bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membuatkan aplikasi ERP khusus untuk perusahaan yang memintanya. Aplikasi ERP ini dibangun dengan bermacam-macam bahasa pemrorgaman, ada yang menggunakan Java, PHP, dan sebagainya. Database Management Relationshipnya juga bermacam-macam, ada yang memakai MySQL, Oracle, atau Postgresql. Tetapi itu semua agak sulit jika diimplementasikan di perusahaan yang berbeda, karena kasusnya tentu saja berbeda. Jika pun bisa, maka akan banyak memakan waktu untuk perubahan arsitektur aplikasi maupun source code nya.

OpenERP, yang dahulunya dikenal dengan tinyERP merupakan ERP yang dapat diimplementasikan pada kasus yang berbeda. Oleh karena itu, dapat diimplementasikan pada perusahaan manapun. Dengan lisensi GPL, maka tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakan maupun mengembangkan OpenERP. Terdapat banyak Addons yang dikenal sebagai module, yang dapat diinstall dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Menggunakan OpenERP juga mudah karena bisa diakses melalui OpenERP Desktop client yang berbasis aplikasi klien desktop, dan bisa juga diakses melalui browser setelah menginstall service OpenERP web pada OpenERP server.

Jika ERP yang lain dibangun menggunakan bahasa pemrograman seperti java, PHP, atau C/C# maka OpenERP ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python dengan menggunakan Postgresql sebagai databasenya. Dan dipadu dengan XML, maka mempermudah dalam pengembangannya. Bahkan tanpa memiliki ketrampilan programming, dapat mengkustomisasi OpenERP ini sesuai kebutuhan yang diharapkan.

Sekilas diatas pengenalan OpenERP, aplikasi powerfull yang memudahkan pengguna mengembangkannya.
Salam.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: